Selasa, 21 Desember 2010

Menggambar Layout PCB - Teknik Setrika

Teknik menggambar layout pada PCB dengan menggunakan setrika merupakan salah satu teknik yang tergolong mudah, murah dan cepat.
Teknik ini sudah sering kali saya gunakan dan selalu berhasil. Adapun yang harus dipersiapkan untuk melakukan teknik setrika ini adalah :
  1. Setrika standar.
  2. Layout yang sudah di fotocopy transparan.
  3. Spidol permanen.
  4. Thiner.
  5. Bor tangan.
  6. PCB polos biasa.
Pada point kedua, kamu harus membuat terlebih dahulu layout PCB dengan menggunakan
software pembantu seperti Diptrace untuk pemula. Karena diptrace ini memiliki user interface yang mudah dimengerti dan tools tools yang tidak terlalu sulit.
Untuk mengetahui cara penggunaan software diptrace silahkan kunjungi disini, dan juga kamu bisa download gratis software nya disini.

Langakah yang harus dilakukan untuk menggambar layout pada PCB dengan teknik setrika adalah sebagai berikut :
  • Pertama kali, kamu harus menyiapkan fotocopy transparan, dan juga siapkan PCB polos yang akan digambar.
  • Siapkan setrika yang sudah dipanaskan dengan suhu normal untuk menyetrika baju.
  • Atur sedemikian rupa posisi layout transparan diatas permukaan tembaga dari PCB.
  • Sambil memegang dan memastikan mika transparan layout tidak bergeser dari posisi semula, Tempel dan gosokan setrika diatas permukaan mika transparan secara perlahan dan sambil terus menekan.
  • Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 5 menit (tergantung panas setrika).
  • Setelah itu dinginkan PCB dengan cara menaruhnya di lantai agar dingin PCB perlahan menurun.
  • Setelah dipastikan dingin, lepaskan permukaan tranparan dari tembaga PCB dengan cara seperti melepas stiker dari tempatnya menempel.
  • Jika tidak keseluruhan permukaan tinta fotocopy menempel, maka lanjutkan finishing dengan menggunakan spidol permanen untuk menutupi beberapa lubang yang ditimbulkan.

Dari kesekian proses, hasil fotocopy transparan merupakan faktor terpenting bagus tidaknya kualitas tinta yang menempel pada tembaga PCB. 
PCB yang sudah digambar nantinya harus dilakukan pelarutan dengan larutan ferryclorida, dan harus dilakukan proses pemotongan sekaligus pengeboran.
Memotong PCB tidaklah terlalu sulit, saya mempunyai salah satu tips bagai mana cara mudah untuk memotong PCB. Silahkan Lihat artikel saya disini untuk melihat bagaimana cara saya memotong PCB dengan mudah.

2 komentar:

  1. Gw bkin pcb 5x gagal semua, krn tembaga nya msh ada yg nempel disekeliling jalur, yg berwarna kemerahan, kirain tembaga nya cuma yg warna perak, kirain yg warna merah fiber ternyata msh tembaga krn stl ditest dg multitester jarum nya gerak.. gambar jalur kurang jelas krn mesin foto kopi nya jelek dan tukang foto kopi nya amatiran. tp akhir nya bsa juga bkin pcb, lbh bgus pkai plastik transparan foto kopi nya. pkai hvs kurang bgus. saat etching fecl3 nya minimal sebungkus biar cpt, kalau kurang dari itu lama bngt sampai setengah jam lbh blm selesai. saya ngebor nya tdk pkai adaptor tp mata bor diputar putar pkai tangan, tdk punya adaptor. pkai trafo kecil tdk kuat tenaga nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo berdasarkan pengalaman saya .. pakai FeCl3 nya sepertiga bungkus aja gpp asal pake air panas sama dipastiin FeCl3 nya udah larut di air semua baru pcb dimasukin nuntuk sepertiga bungkus kira kira airnya cukup 1 gelas aja

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...